Selasa, 02 November 2021

Pengenalan Portal Rumah Belajar Kepada Siswa SMP YPPGI Anigou Wamena

 

Memperkenalkan kepada siswa,  Aplikasi Rumah Belajar yang bisa diinstal di HP

Pada Tahun Ajaran 2021/2022, khususnya di Semester Ganjil ini kami SMP YPPGI Anigou Wamena memberlakukan Jadwal Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Di Sekolah kami, ada 9 Rombel. Kelas VII 3 rombel, kelas VIII 3 rombel, dan kelas IX 3 rombel. Kelas VII dijadwalkan untuk hadir setiap hari Kamis dan Sabtu, kelas VIII hadir setiap hari Selasa dan Jumat, serta kelas IX hadir di setiap hari Senin dan Rabu. Masing-masing kelas mendapatkan porsi yang sama, yaitu dua kali hadir dalam seminggu.

Sejak dari awal semester sampai sekarang, setelah jadwal PTMT diberlakukan, tentunya kami dengan disiplin tetap menerapkan protokol kesehatan covid'19. Siswa-siswi wajib mengenakan masker ke sekolah, wajib jaga jarak, dan wajib cuci tangan. Membiasakan kebiasaan baru kepada siswa memang harus butuh kesabaran dan harus ulang-ulang. Kami khususnya yang ada di Wamena, memiliki budaya dimana ketika berjumpa, apalagi antar sesama teman dan keluarga, biasanya auto salam dan pelukan. Pelan-pelan kami himbau siswa-siswi kami untuk mengurangi intensitas budaya khas tersebut. Bukan bermaksud menghilangkan, akan tetapi untuk menjaga supaya setiap siswa tetap sehat selalu di masa pandemi yang belum berakhir ini. Tentunya dilengkapi dengan poster-poster edukasi tentang covid yang dapat membantu siswa kami memahami lebih lagi. Hingga sekarang ini, sudah mulai terbiasa dengan protokol kesehatan yang berlaku di sekolah dan kami juga menyediakan masker, tempat cuci tangan, dan hanitizer dalam menunjang kebiasaan baru ini. 

Setelah kegiatan coaching 1 dan 2 di tanggal 30 s/d 31 Oktober, yaitu kegiatan pendampingan tatap maya yang dilakukan oleh Bpk Ibu Mentor dan Bpk Ibu DRB di kelas Pembatik Level 4 Papua Tahun 2021, saya berencana untuk memperkenalkan Portal Rumah Belajar kepada siswa, yang dimana itu menjadi salah satu RTL saya. Sebelumnya saya belum pernah sama sekali memperkenalkan itu kepada siswa dan guru. Kenapa? Karena saya juga baru mengetahuinya di awal tahun 2021 ini. Ketika saya pernah mengikuti pelatihan G-Suite for education yang sekarang dikenal dengan Google Workspace, dilanjut dengan saya mengikuti program PembaTIK tahun ini, saya jadinya semakin tahu dan semakin penasaran tentang apa sih Portal Rumah Belajar itu! Nah... apa-apa saja yang sudah saya ketahui tentang rumah belajar, itu yang hendak saya perkenalkan kepada siswa.

Kebetulan, di hari Senin adalah Jadwal saya untuk masuk kelas. Berhubung karena jaringan di wilayah kami di Wamena sering tidak stabil, tidak akan memungkinkan ketika hendak memperkenalkan Portal Rumah Belajar kepada siswa secara online. Jadi subuh saya bangun untuk buka Portal Rumah Belajar, karena biasanya subuh jaringan lumayan TopCheeeer.....👍. Jadi manfaatkan waktu subuh untuk akses portal rumah belajar, lalu saya rekam layar menggunakan Windows+G. Mulai dari awal masuk web, tampilan beranda portal Rumah Belajar, beserta fitur-fitur yang ada di sana. Pagi setelah tiba di sekolah, saya meminta bantuan dari salah satu teman guru di sekolah, untuk ambil dokumentasinya. Saya dibantu oleh Ibu Erwana Siahaan, S.Pd dengan menggunakan HP Android biasa. (Ibu Erwana.. wa wa wa 😉)

Senin, 01 November 2021 di Jam mengajar saya, saya manfaatkan untuk memperkenalkan "Apa sih Portal Rumah Belajar itu!" kepada siswa, khususnya kepada siswa kelas IX (karena jadwalnya pas di kelas 9). Saya menyiapkan ruang kelas dan saya menggunakan Infocus.  Sebelum masuk ke ruang kelas, tentunya siswa terlebih dulu mencuci tangan, dan masuk satu per satu dengan tertib ke dalam kelas. 



Saya memperkenalkan Portal Rumah Belajar kepada siswa dengan memutarkan video rekam layar uang sudah saya persiapkan. Sembari video terputar di layar projektor, tentunya saya juga sambil menjelaskan kepada siswa sesuai yang tertampil di video tersebut. Berhubung karna ini adalah yang perdana, saya lebih fokus memperkenalkan gambaran umum tentang Portal Rumah Belajar. Mulai dari alamat web nya, seperti apa yang muncul ketika sudah masuk beranda, apa itu Rumah Belajar dan apa aja fitur-fitur yang tersedia di sana. Saya hanya membahas sekilas tentang bagaimana cara login, dikarenakan siswa masih awam dengan akun email, apalagi dengan akun belajar.id yang belum dikenal dan belum diaktifkan di sekolah. 



Selain itu, saya juga memperkenalkan Aplikasi Portal Rumah Belajar yang bisa didownload dan bisa diinstal di HP. Mulai dari langkah-langkah bagaimana cara downloadnya dan seperti apa tampilannya ketika Aplikasi Portal Rumah Belajar dibuka di perangkat HP. Saya pinjam beberapa HP rekan guru yang bersedia untuk dipake kasih tunjuk kepada siswa, dan ada satu dua siswa mampu yang membawa HP ke skolah
(sebenarnya di sekolah kami, dilarang untuk siswa bawa HP ke sekolah, terkecuali ada mata pelajaran tertentu yang menyuruh siswa untuk bawa HP, terlebih khusus siswa yang sudah ada HP. Kalau yang tidak punya, tidak wajib dan tidak dipaksakan).



Setelah diperkenalkan terlebih dulu, selanjutnya siswa langsung mencoba sendiri, bagaimana cara mendownload, dan jelajah sendiri Aplikasi Portal Rumah Belajar yang sudah terisntal di HP. Kebetulan disaat saya hari ini perkenalan Portal Rumah Belajar kepada siswa, jaringan lumayan mendukung. Jadi ketika download Aplikasi Rumah Belajar di HP, tidak begitu lama dan tidak susah. Sehingga respon siswa sangat tertarik dan antusias. 

Tentunya kedepan nanti, saya akan lanjut lebih dalam lagi memperkenalkan Portal Rumah Belajar kepada siswa. Bagaimana cara loginnya, apa aja yang bisa diakses, apa yang muncul ketika menggunakan fitur-fitur Rumah Belajar. Nah... 👌supaya siswa tidak kaget, di hari ini saya memperkenalkan gambaran umum saja tentang Portal Rumah Belajar.
Harapan saya, Portal Rumah Belajar nanti bisa menjadi solusi pembelajaran di sekolah kami, dan siswa bisa memanfaatkan Rumah Belajar ketika belajar di sekolah dan di rumah. Karena dengan Portal Rumah Belajar, bisa belajar dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja.



yuk... yuukk...
Bapak/Ibu Guru dan semua adek-adek pelajar...
Akses Portal Rumah Belajar di PC/Laptop dengan link:

Download Aplikasi Portal Rumah Belajar di HP kalian, dengan langkah-langkah berikut ini:
1. Buka menu Playstore di HP kalian
2. Di menu pencarian ketik "Aplikasi Rumah Belajar"
3. Klik Install
4. Stelah terinstal, klik Open
5. Kemudian Sign In (Daftar Akun)
6. Selesai mendaftar, tinggal klik next , silahkan jelajah Portal Rumah Belajarnya dan cari fitur yang dibutuhkan

Mau belajar asyik, ya di Rumah Belajar!
Salam Rumah Belajar!!!

0 komentar:

Posting Komentar